• Kam. Mei 23rd, 2024

ASI Berkualitas untuk Turunkan Angka Stunting

BySeo99TeamOfficial

Mar 7, 2024

katakukatamu.com – ASI Berkualitas untuk Turunkan Angka Stunting, termasuk mengurangi risiko stunting. Stunting adalah kondisi di mana anak memiliki pertumbuhan yang terhambat akibat kurangnya gizi kronis dan tidak seimbang dalam jangka waktu yang panjang. Berikut beberapa cara ASI Berkualitas untuk Turunkan Angka Stunting :

  1. Kandungan Nutrisi:

    ASI mengandung nutrisi penting yang di butuhkan untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi, termasuk protein, lemak, karbohidrat, vitamin, dan mineral. Nutrisi ini penting untuk memastikan pertumbuhan optimal bayi dan mencegah stunting. Baca Juga Lifestyle

  2. Zat Gizi Esensial:

    ASI mengandung zat gizi esensial seperti protein, kalsium, zat besi, dan vitamin A yang sangat penting untuk pertumbuhan tulang, pembentukan darah, dan perkembangan otak bayi. Baca Juga Berita Fakta Menarik

  3. Perlindungan terhadap Penyakit:

    ASI mengandung antibodi dan faktor imun lainnya yang membantu melindungi bayi dari infeksi dan penyakit. Infeksi kronis atau berulang dapat menghambat pertumbuhan bayi dan menyebabkan stunting.

  4. Stimulasi Pertumbuhan:

    Menyusui secara langsung merangsang pertumbuhan fisik dan perkembangan otak bayi. Proses menyusui juga memungkinkan ikatan emosional yang kuat antara ibu dan bayi, yang penting untuk perkembangan emosional dan sosial yang sehat.

  5. Dukungan Kesehatan:

    Mendapatkan dukungan kesehatan yang baik, termasuk pemantauan kesehatan ibu dan bayi, konseling gizi, dan dukungan menyusui yang baik, dapat membantu memastikan bahwa bayi mendapat ASI berkualitas dan cukup.

  6. Konsistensi dan Durasi:

    Penting untuk memberikan ASI secara konsisten dan memberikan ASI secara eksklusif selama enam bulan pertama kehidupan bayi, seperti yang di rekomendasikan oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO). Pemberian ASI eksklusif selama enam bulan kemudian di ikuti dengan pemberian ASI tambahan bersama makanan padat yang aman dan sesuai dengan kebutuhan bayi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *